PUASA 6 HARI DI BULAN SYAWAL



Momentum bulan suci Ramadan sudah kita lewati dengan baik, begitu pula dengan keistimewaan hari raya Idul fitri. Bulan syawal merupakan bulan yang mengawali tahun hijrah. Dimana, kita seharusnya bisa meraih pahala sebanyak-banyak di bulan yang baik ini. Agar rasa malas tidak buru-buru menguasai diri, sebaiknya kamu menjalankan ibadah di bulan syawal agar bisa meraih pundi-pundi pahala dan menuai banyak keberkahan. 

Sesuai dengan namanya syawal yang artinya peningkatan, merupakan salah satu bulan yang menuntut pelaluinya meningkatkan segala kebaikan. Setelah sebulan lamanya ditempa dengan puasa ramadhan, malam harinya memperbanyak sholat-sholat sunat, qiyamul lail, tadarus, belajar dan tafakkur, maupun ibadah-ibadah lainnya, maka otomatisasi peningkatan kualitas kebaikan tentunya mampu berjalan dengan sendirinya.
Banyak amalan yang bisa kita kerjakan di bulan Syawwal ini, di antara amalan yang bisa kita kerjakan antara lain :

1. Puasa 6 Hari di Bulan Syawwal

Keistimewaan bulan syawal yang pertama adalah puasa 6 hari di bulan syawal. Puasa 6 hari pada bulan syawal ini biasanya dilakukan mulai hari kedua bulan syawal, karena di hari pertama, yaitu saat hari raya idul fitri diharamkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan, puasa 6 hari di bulan syawal ini menjadi pelengkap atau penyempurna amalan pada bulan Ramadan.

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan syawal akan mendapatkan pahala layaknya telah menjalankan ibadah puasa selama satu tahun penuh. Puasa syawal bisa dimulai pada tanggal 2 syawal atau satu hari setelah hari Idul Fitri.

Keutamaan puasa Syawal terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Hadits itu berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW.

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim).

2. I’tikaf di Bulan Syawal                                                   

Melakukan i’tikaf atau berdiam diri di dalam masjid merupakan salah satu keistimewaan di bulan syawal. Maksud berdiam diri ini tentunya bukan hanya berdiam diri saja di dalam masjid tanpa melakukan apa-apa. Berbagai amalan dan ibadah dapat dilakukan selama melaksanakan I’tikaf. I’tikaf merupakan cara seorang hamba lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berzikir, melaksanakan salat 5 waktu dan salat sunah, serta membaca Al-Quran.

3. Bulan Silaturahmi

Bersilaturahmi merupakan salah satu ibadah yang tidak asing lagi di bulan syawal. Salah satu keistimewaan bulan syawal ini biasanya dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti mudik ke kampung halaman dan saling bermaafan dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman. Jadi tidak heran bila bulan syawal begitu istimewa dengan menjadi salah satu bulan dimana kebanyakan umat muslim bersilaturahmi. Bulan syawal merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT dengan silaturahmi dan bermaaf-maafan yang dilaksanakan oleh seluruh umat islam.

Dikutip Tausiahnya ustadz Arnel Lubisdi di Mushalla Kantor Camat Mandau.