Sedekah Menghapus Dosa Seperti air Memadamkan Api


    Dalam hadist riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW. menyampaikan bahwa sedekah dapat menghapus dosa-dosa seseorang ibarat air yang mampu memadamkan api. Untuk itu, disimpulkan bahwa bersedekah dapat menghilangkan dosa-dosa kecil yang disebabkan rasa iri, dengki serta dosa-dosa kecil lainnya.

Alhamdulillah kamis 21 Desember 2023 seperti biasa kegiatan rutin pekanan yang selalu di laksanakan Lembaga YABI yaitu Jumat Berkah , Istighosah santunan uang saku dan do'a bersama dengan anak yatim binaan YABI.

Dalam minggu ke 3 ini  ketua yayasan bapak Maskur tidak henti-hentinya selalu mengucapkan rasa syukur kepada Allah  SWT atas segala usaha upaya dalam menekuni terlaksananya terus kegiatan jumat Berkah ini, alhamdulillah di tengah liburan sekolah saat ini anak - anak yatim tekun dan bersemangat terus mengikuti kegiatan ini, sehingga di ikuti lebih dari 35 anak binaan YABI, 

Bacaan titipan do'a dari donatur ,sholawat yasin dan tahlil juga santunan uang saku selalu jadi hal yang utama dalam acara jumat Berkah ini , mengingat  yang di sampaikan ketua yayasan bapak Maskur tentang banyaknya keistimewaan-keistimewaan do'a di hari malam jum'at bagi kaum muslim, seperti dalam hadist Nabi Muhammad SAW :

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله 

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr) 

 وذكر الثعلبي عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "من قرأ سورة يس ليلة الجمعة أصبح مغفورا له" 

Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairoh Ra. 
“Barangsiapa membaca Yaasiin di malam jum'at, maka paginya diampuni dosanya”. [ alJaamii’ Li Ahkaam al-Quraan XV/3, Tafsiir Sirooj al-Muniir III/301 ].

Yasin dan tahlil jadi do'a yang utama selalu di sampaikan dalam mengirim do'a kepada semua donatur YABI juga pada leluhur / almarhum-almarhumah yang di titipkan dari donatur

Landasan do'a orang yang sudah meninggal seperti pesan Allah dalam surat Al Hasyr ayat 10

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ࣖ

Artinya: Orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar) berdoa, "Ya Tuhan kami, ampunilah kami serta saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu daripada kami dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami kedengkian terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."


Tidak tertinggal juga setiap malam jumat  donatur rutin bapak Komarudin dan keluarga dari Tegal selalu menyambangi langsung kepada anak - anak yatim untuk menyantuni mereka / memberikan uang saku yang dapat meringankan beban hidup mereka di tengah ekonomi mereka yang masih banyak kekurangan, menyantuni anak yatim adalah perbuatan yang sangat mulia dan tinggi derajatnya di sisi Allah apalagi merawatnya sampai akhir balik, 

“Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslim, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” 
(HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas).
--------------------------------------------------------
Hari sabtu malam minggu 23 Desember 2023 kegiatan rutin anak - anak yatim belajar ngaji Qori yang di bimbing langsung oleh ustadz Munaseh juga  terlaksana, anak - anak yatim di ajarlan untuk melantunkan ayat - ayat Al-Qur'an dengan nada suara yang merdu , surat yang di ajarkan dalam latihan qori tersebut surat Al- Isra' ayat 1 - 5 secara bertahap. kandungan surat ayat 1 ini kisah perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dalam satu malam.

--------------------------------------------------------

Hari minggu pagi 24 Desember 2023 di sambung kegiatan anak - anak yatim dalam belajar Bimbel tingkat SD , pembelajaram Bimbel yang di ajarkan bagaimana cara penjelasan mengenai operasi pecahan desimal yang terdiri atas penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.


Bapak Firly Hakim sebagai pembimbing selalu mengajak/ mendorong ibunya anak  yatim agar anak - anaknya selalu di hadirkan terus dalam belajar Bimbel supaya ke depan tidak tertinggal dengan yang lain dalam menguasai pelajaran yang di sampaikan, apalagi di saat liburan anak - anak sekolah bulan ini harus tetap terisi kegiatan belajar pada mereka ( anak yatim ) meskipun libur sekolah.

Lembaga YABI tidak henti - hentinya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua dermawan/i dalam ikut mendukung semua kegiatan anak-anak yatim ini dalam meningkatkan kualitas SDM dan membantu  ekonomi mereka, dan mengajak serta menyadarkan kepada saudara , kerabat dan yang lain untuk ikut berpartisipasi donasi kepada anak yatim seperti yang di ajarkan Rosullulloh SAW tentang bagaimana harta yang di miliki sesungguhnya ada sebagiannya milik mereka ( anak yatim, dhuafa ), apalagi di saat-saat mau menjelang akhir tahun ini banyak sekali mereka/ orang-orang  yang secara tidak sadar telah menghambur-hamburkan harta yang di milikinya demi kesenangan materi di tengah saudara-saudara kita masih banyak hidup di garis kemiskinan / kebodohan.
Kewajiban orang-orang berimanlah yang mampu mengambil semua pelajaran2 ini.

Dalam Al-Qur'an Surat Adz-Dzariat ayat 19

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

Artinya: "Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian." (QS Adz-Dzariyat: 19)

Surat Al Baqarah ayat 254
 
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim." (QS Al Baqarah: 254)

Surat Al Baqarah ayat 271 

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۚ وَاِ نْ تُخْفُوْهَا وَ تُؤْتُوْهَا الْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Baqarah ayat 271

Surat Al-Hadid ayat 7
.
اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاَنْفِقُوْا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُّسْتَخْلَفِيْنَ فِيْهِۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَنْفَقُوْا لَهُمْ اَجْرٌ كَبِيْرٌۚ

Artinya: "Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah (di jalan Allah) sebagian dari harta yang Dia telah menjadikan kamu sebagai penguasanya (amanah). Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (hartanya di jalan Allah) memperoleh pahala yang besar." (QS Al Hadid ayat 7).


Surat Al Hadid ayat 18
 
اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ - ١٨

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS Al Hadid ayat 18).

Pesan Allah SWT ini akan terus melekat dan abadi dalam diri setiap insan yang beriman maupun kufur kepada Allah dan beruntunglah orang  yang yakin  hari kemudian / akhir dan menafkahkan sebagian hartanya yang di cintainya pada jalan Allah

Surat Al-Baqarah ayat 2 - 5

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

2. Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan di dalamnya; (ia merupakan) petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa,

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۙ

3. (yaitu) orang-orang yang beriman pada yang gaib, menegakkan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka,

وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِالْاٰخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَۗ

4. dan mereka yang beriman pada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad) dan (kitab-kitab suci) yang telah diturunkan sebelum engkau dan mereka yakin akan adanya akhirat.

اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

5. Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.


dan sebaliknya orang - orang kufur atau lalai/ lupa melampau batas telah di tutup panca indarnya oleh Allah  tentang kewajiban berbuat baik kepada sesama.

Pesah Allah Al-Baqarah 6 dan 7

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا سَوَاۤءٌ عَلَيْهِمْ ءَاَنْذَرْتَهُمْ اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ

6. Sesungguhnya orang-orang yang kufur itu sama saja bagi mereka, apakah engkau (Nabi Muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman.

خَتَمَ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۗ وَعَلٰٓى اَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَّلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ ࣖ

7. Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka. Pada penglihatan mereka ada penutup, dan bagi mereka azab yang sangat berat.